Sabtu, 04 Mei 2013

Pendidikan Berkarakter


Pendidikan merupakan elemen dasar yang dapat menentukan peradaban menuju ke arah yang lebih baik. melalui proses pendidikan, manusia diajak untuk memikirkan banyak hal, dari saat ia mulai diciptakan hingga nanti saat ia diambil kembali oleh yang Maha Kuasa. bagaimana ia mengembangkan diri, memanfaatkan alam sekitar dan juga menyelaraskan keduanya dalam pembentukan suatu peradaban.


apakah pendidikan karakter itu sebenarnya? kita sebagai seorang pendidik, tidak hanya bertanggungjawab atas memberikan materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum, namun kita bertanggungjawab atas tugas yang lebih besar. apakah itu? memberikan pendidikan karakter. bagaimana cara kita agar kita dapat menanamkan karakter yang dapat membentuk jati diri seseorang, yang nantinya juga dapat mencerminkan bagaimana karakter suatu kelompok masyarakat, organisasi, maupun negara.

pendidikan berkarakter tidaklah berorientasi kepada nilai atau hasil akhir, akan tetapi kepada bagaimana proses dari seseorang dalam meraih sesuatu, terlepas ia menjadi nomor satu, dua, tiga, ataupun seterusnya. hasil akhir yang diraih seseorang itu akan menjadi bahan evaluasi dari pembelajaran tersebut. namun yang kita dapati saat ini adalah beberapa pendidik yang menekankan para peserta didik mendapatkan nilai setinggi-tingginya, yang mana itu dapat memicu terjadinya kecurangan. bukankah itu jauh dari konsep pendidikan berkarakter yang sedang gencar-gencarnya diterapkan.

maka dari itu, tugas kita sebagai pendidik adalah mendampingi dan mengawal dari proses pendidikan agar pendidikan karakter dapat terlaksana dengan baik. janganlah terpaku pada hasil akhir dari sebuah proses, tapi tekankan pada bagaimana proses pendidikan dan pembelajaran ini terjadi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar